Ini adalah Layanan CSIRT Pemerintah Kabupaten Blitar ( TiTIS-BlitarKab ):
Layanan reaktif, sebagaimana berikut :
Layanan reaktif, sebagaimana berikut :
- Pemberian peringatan siber
- Penanggulangan dan pemulihan insiden siber
- Penanganan kerawanan; dan
- Penanganan artifak.
Layanan proaktif : ,
- yaitu audit atau penilaian keamanan
Layanan manajemen kualitas keamanan, sebagaimana berikut :
- Pemberian peringatan siber;
- Penanggulangan dan pemulihan insiden siber;
TiTIS-BlitarKab memberikan pembinaan kepada konstituen berupa literasi keamanan informasi, serta basis pengetahuan celah keamanan (vulnerability).
Layanan Tambahan Layanan dari TiTIS-BlitarKab yaitu :
Layanan Tambahan Layanan dari TiTIS-BlitarKab yaitu :
- Penanganan Kerawanan Sistem Elektronik
Layanan penanganan kerawanan sistem elektronik dilakukan berupa triase, koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis sesuai dengan pedoman teknis penanganan insiden terkait spesifik teknis penanganan kerawanan (Vulnerabilty). Layanan ini dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment juga Audit Keamanan TI.
- Penanganan Artefak Digital
Layanan ini diberikan berupa penanganan artifak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi.
- Pemberitahuan Hasil Pengamatan Potensi Ancaman
Hasil Pengamatan Potensi Ancaman (Vulnerability risk Assessment) diberikan berupa Audit Keamanan TI
- Pendeteksian Serangan
Deteksi serangan dapat dilakukan secara rutin dengan mengamati arsip (log) perangkat keamanan yang dimiliki maupun setelah ada laporan serangan dari konstituen.
- Analisis Risiko Keamanan Siber
Layanan ini diberikan berupa analisis resiko terhadap resiko insiden keamanan siber serta pemberian rekomendasi teknis berdasarkan hasil analisis tersebut.
- Konsultasi Terkait Kesiapan Penanganan Insiden Siber
Layanan konsultasi kesiapan penanganan insiden siber diberikan kepada konstituen apabila ada permintaan dari konstituen terkait layanan pemerintahan berbasis elektronik yang akan diselenggarakan oleh konstituen melalui kontak email maupun surat permohonan resmi.
- Pembangunan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Keamanan Siber
Literasi, kegiatan sosialisasi, serta himbauan diberikan sebagai bagian dari layanan ini.